Rabu, 03 Agustus 2011

My activities

Jejakku Adalah Jejakmu
Fr. Habel Melki Makarius, CM

3-12 Desember 2010 : Exposure Paroki
             “Memangnya ada apa ya?” Beberapa hari ini, kami akan mengadakan parish exposure di paroki-paroki CM. Tujuannya yaitu supaya para frater mengenal karya-karya dari putra-putra Bapa Vincent.  Dengan demikian kami semakin mengenal secara lebih dalam bentuk pelayanan yang dibimbing oleh romo-romo CM. Selamat berjuang  ya, Ter…!

25-28 Desember 2010 : Hari Raya Natal dan Kunjungan Natal
Hari istimewa bagi para frater Seminarium Internum dan postulant CM, karena kami boleh merayakan kelahiran Sang Juru selamat dengan penuh kegembiraan dan saling berbagi kasih. Untuk mengisi liburan Natal, kami mengadakan kunjungan Natal di komunitas-komunitas lainnya. Kami tidak hanya mengunjugi tetapi juga siap dikunjungi oleh siapa pun yang bersedia datang. Kunjungan yang dilakukan sambil membawa sukacita Natal bagi yang dikunjungi. Selain itu semakin menguatkan panggilan.

30 Desember 2010 : Sharing Mgr. Gilles Cote
            “I want to be a missionary” Said Fr. Evan after he heard sharing from Mgr. Gilles Cote, a bishop of Papua New Guinea. He came to Malang especially in our seminary to share his experience about to be a missionary in PNG. He said “Don’t be afraid to be a missionary because still more places need priest.” So we were happy and had new strength in our vocation to be a missionary. “PNG, I will come!!” Said Fr. Bryant.

1 Januari 2011 : Tahun Baru
            “… and Happy New Year.” Demikan lagu itu berkumandang tepat jam 00.00 di aula seminari. Suasana riuh dan teriakan keras menggema di dalam aula. Terdengar pula bunyi kembang api di mana-mana di setiap tempat kota Malang. Kami tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan Tahun Baru 2011. Layaknya manusia yang berada di bumi ini, maka kami juga mengucap syukur atas anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kami di tahun 2010 dan mulai menapaki perjalanan hidup dan panggilan kami di tahun 2011. “Tahun yang baru, semangat juga baru, coy…,” kata Fr. Habel sebagai ketua umum yang baru.    

3-8 januari 2011 : Retret Tengah Tahun kanonik
            Sudah enam bulan perjalanan panggilan kami di Seminarium Internum. Sekarang tibalah saatnya bagi kami merenung kembali perjalanan panggilan selama ini. Permenungan yang kami lakukan melalui retret dan dibimbing oleh Rm. Gigih, CM. Rumah Retret Pondok Betlehem menjadi tempat berlangsungnya retret. “Jangan lupa siapkan hati, pikiran, budi, dan … segenap tenaga kalian ya, ter,” nasihat Romo Gigih sebelum kami berangkat retret. “Kalian harus berjalan kaki menuju rumah retret!,” tambahnya. “Wow… asyik nie, sebab badanku  bisa turun beratnya,” sahut Fr. Briant.

25 Januari 2011 : Hari Jadi CM ke 394
            “Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun!!”
            Demikian sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh Fr. Evan di sepanjang lorong di pagi hari. “Ada apa, Van?” Tanya Fr. Galan. “Masak, kamu lupa! Hari ini kan hari jadi CM, kongregasi kita yang ke 394,” Jawab Fr. Evan yakin. “O…o…o… mari kita nyanyi bersama-sama lagi!!” ajak Fr. Galan . “Eh.. dan jangan lupa kalau mulai hari ini, kita mempunyai visitator baru yaitu Rm. Jack,” sahut Fr. Evan.
            Sebagai ungkapan syukur atas hari jadi CM, seluruh anggota yang berada di Domus Malang merayakannya di Seminari Tinggi CM, Langsep. Acara dimulai dengan misa, setelah itu makan malam bersama dan dilanjutkan dengan serasehan dari Rm. Armada, CM. Beliau memaparkan kepada kami tentang sejarah CM di Indonesia. CM di Indonesia tidak luput dari apa yang namanya sejarah. Dalam sejarah, ada kronologi, peristiwa, manusia, dan hati.

3 Februari 2011 : Mancing bersama
            “Oh… itu besar, cepat, tarik, cepat, aw… lepas,” teriak Fr. Robi ketika melihat seekor ikan meghampiri mata kail milik Fr. Santo. Mancing yang kami lakukan ini pasti banyak dapatnya karena kami memancing di kolam kami sendiri. “Ikan-ikannya sudah dua hari tidak dikasi makan, coi…,” kata Fr. Briant sambil memasukkan hasil kailannya ke dalam ember. “Dasar curang,,, pantasan kami lapar….,” Sahut ikan dalam air.

19-21 Februari 2011 : Seminar Seksualitas
            Selama tiga hari, para frater Seminarium Internum akan bergulat dengan seksualitas. Kami mengikuti seminar seksualitas yang diberi oleh Rm. C.B. Kusmaryanto, SCJ. Seminar ini diikuti oleh gabungan para postulant dan novis tarekat suster, frater, dan imam dari berbagai kongregasi. Dengan mengikuti seminar ini, kami diharapkan dapat mengenal, mengerti, memahami, dan menerima seksualitas yang ada dalam setiap diri kami. Tema yang diangkat dalam seminar ini yaitu Seksualitas kaum Berjubah.  

2 Maret 2011 : Tahbisan Diakon
            “ Ter, hari ini melepas lajang ya?” Tanya Fr. Habel kepada Fr. Sigit, yang adalah salah satu frater CM yang akan ditahbiskan menjadi diakon pada hari ini. Dia hanya menyeringai dan tersenyum kecil. “Selamat ya, ter!,”
            Hari ini kami sungguh bahagia karena kedua konfrater kami boleh ditahbiskan menjadi diakon. Jalan semakin dekat menuju imamat. Namun perjalanan tidak berhenti di tahbisan melainkan terus saja berjuang. “kapan ya, saya menggunakan dalmatik?” kata Fr. Galan ketika melihat para diakon baru berdiri di depan altar Katedral Malang.

4-5 Maret 2011 : Lokakarya MUV 1
            Sebelum mengadakan misi umat, para misionaris melakukan lokakarya. Ini merupakan lokakarya dan misi umat yang pertama bagi kami frater Seminarium Internum. Lokakarya berlangsung di Seminari Tinggi CM, Badut. Misi umat 2011 dilaksanakan di paroki St. Petrus dan St. Paulus, Wlingi, keuskupan Surabaya. Dalam lokakarya yang pertama ini, kami dikenalkan terlebih dahulu mengenai situasi paroki dari Tim Paroki Wlingi. Di hari kedua, Rm. Ponti, CM mensharingkan pengalaman bermisinya di Indonesia.

30-31 Maret 2011 : Live in di Seminari Garum & Long march
            Fr. Galan dan Fr. Evan akan bernostalgia di Seminari Garum. Mereka mengenang kembali saat-saat menyenangkan dan menyedihkan ketika masih dalam pembinaan di Seminari Garum. Sedangkan para frater yang lainnya akan menjadi pengalaman baru ketika harus tinggal dan mengikuti acara para seminaris Garum. Keesokkan harinya kami mengadakan long march yang kedua. Perjalanan begitu jauh dan melelahkan. Akibatnya berat badan Fr. Briant turun 1 kg. Tujuan long march yaitu bendungan Selorejo. Bersama dengan kami, ada para romo CM dari Seminari Garum dan paroki St. Maria, Blitar, para suster PK dari  komunitas Garum, dan dua frater pastoral. Rekreasi ini merupakan rekreasi para putra-putri papa Vinsensius dan mama Louisa.

12-13 April 2011 : Tes Masuk Calon CM
            “Tolong persiapkan kamar tamu sebanyak empat buah, ya ter! Hari ini dan besok akan diadakan tes bagi calon CM,” kata Rm. Gigih ketika sedang makan siang di ruang makan. Kami bersyukur kepada Tuhan, karena Dia masih memberi kami pemuda-pemuda yang ingin bergabung bersama kami melayani orang miskin. Tetapi sebelum masuk anggota kongregasi, mereka harus dites terlebih dahulu. Selama dua hari mereka akan mengikuti serangkaian tes masuk. “Selamat menjalani tes dan semoga diterima! Kami menunggu kedatangan kalian,” ucap para frater kepada semua calon CM.

21-24 April 2011 : Triduum Tri Hari Suci dan Hari Raya Paskah
            Mengenakan Roh Kristus. Inilah tema yang kami renungkan selama Triduum. Selama Triduum, kami dibimbing oleh Romo Tri Wardoyo, CM. Di tengah sibuk mempersiapkan batin untuk merenungkan tema Triduum, kami juga mempersiapkan liturgi selama Tri Hari Suci, mulai dari Kamis Putih sampai Malam Paskah. Kami bersyukur karena postulant CM berlibur di novisiat sehingga mereka dapat membantu perayaan liturgi Tri Hari Suci. Pada Hari raya Paska, kami melakukan kunjungan-kunjungan ke komunitas lain. Kami mau merayakan kegembiraan Paskah bersama umat Allah dan membagikan sukacita kebangkitan Tuhan. Keluarga Seminarium Internum mengucapakan Selamat Hari Raya Paskah 2011. Alleluya!   

27-28 April 2011 : Rekreasi dan Camping Bersama 40 Tahun Seminari CM
            “Burung camar bermain di derunya air
            Suara alam ini hangat jiwa kita”
Demikianlah sepenggal lagu yang membawa kami kepada lokasi rekreasi dan camping bersama. Kebersamaan ini kami adakan di Gua Cina. Semua frater CM mengikuti acara rekreasi dan camping. Sambil mendengar deru ombak yang menghantam batu karang, kami semua melakukan banyak acara dan game demi memeriahkan suasana rekreasi yang kami lakukan selama tiga hari, baik permainan pantai maupun olahraga, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu lomba masak heboh. Semuanya tampak bahagia karena dapat mengisi liburan Paskah dengan rekreasi di pantai. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memeriahkan perayaan 40 Tahun Seminari Tinggi CM di Indonesia dengan tema Creative Fidelity For The Mission. Selamat berekreasi ya, Ter!


1 komentar:

Cerpen: Kado Buat Tuhan

Matahari bersinar cerah sore ini. Sedikit cahaya masuk kamar saya. Tepat mengenai mata saya. Saya segera bangun dari tidur siang karena sil...